Wednesday, August 14, 2013

Ikhtisar SOP dan dokumen terkait

1. SOP Pelaksanaan Tugas Akhir oleh Mahasiswa
 SOP TA 1  : Pendahuluan
                     meliputi: pengertian, pengetahuan, prasyarat mahasiswa,
                     kewajiban mahasiswa, kewajiban pembimbing
SOP TA 2-1: Prosedur TA
SOP TA 2-2: Seminar proposal TA
SOP TA 2-3: Bimbingan TA
SOP TA 2-4: Seminar Hasil TA
SOP TA 3  : Prosedur Sidang Sarjana
SOP TA 4-1: Penyerahan Hasil TA
SOP TA 4-2: Distribusi Hasil TA

dokumen

2. SOP Pembimbingan Tugas Akhir
    Mengatur siapa dapat menjadi dosen pembimbing dan batasan kewenangan

dokumen

3. SOP Penulisan Proposal dan Laporan Tugas Akhir
    Proposal TA
          Format Tampilan, Sistematika Isi, Tata Penulisan
   Laporan TA
          Format, Sistematika dan Isi Rinci, Tata Penulisan
dokumen

4. SOP Penulisan Proposal dan Laporan Kerja Praktik
    Proposal KP
    Laporan KP dan Format
dokumen

Catatan:
Model dan bentuk dari proposal / laporan baik untuk TA maupun bukan TA
dapat mengikuti model yang diberikan untuk TA. Tampilannya dapat dilihat
pada berikut ini:

  Bukan Isi dan Isi dalam view pdf 


5. SOP dan Panduan KP Mahasiswa (Detil lihat Arsip SOP Kerja praktik)

    Panduan Kerja Praktik meliputi
          Batasan Kerja Praktik, Tujuan, sasaran dan Manfaat,
          tempat, Bentuk-bentuk kegiatan, Komisi Kegiatan (Koordinator),
          Mahasiswa, Pendaftaran, Pembimbing, Prosedur pelaksanaan,
          Tata tertib mahasiswa, Seminar dan Ujian, Penilaian
    Dokumen dapat dilihat disini.


6. SOP Penggunaan Lab / Alat Uji di Lingkungan FT Unib
dokumen
7. SOP Penyelenggaraan Ujian Semester
dokumen
8. SOP Penyelenggaran Remedial
dokumen
9. SOP Pelayanan Prima Dosen

10. SOP Penyerahan Nilai Ujian Semester

11. SOP Pelaksanaan Praktikum

12. SOP Pelaksanaan Tugas Besar



Thursday, August 1, 2013

SOP Tata Tulis Pelaporan dijelaskan dalam PDF

Tampilan bagian-bagian depan:
1. Sampul
2. Halaman Pengesahan
3. Halaman Persetujuan
dan seterusnya...
Dan bagian belakang: Daftar Pustaka ala Vancouver dan Harvard
semua dapat dilihat pada Format Bukan Isi


Tampilan bagian-bagian isi:
1. Penulisan Bab dan tata letak tulisan
2. Tata letak tabel
3. Tata letak gambar
dapat dilihat pada Format Isi


SOP Penggunaan Alat Uji/ Lab di Lingkungan FT Unib


SOP Penggunaan Alat Uji/ Lab di Lingkungan FT Unib

Maksud:
Memandu kegiatan menggunakan alat / lab di lingkungan FT Unib

Tujuan:
-         mengupayakan zero waste (nol kesia-siaan) dan
-         mengupayakan zero defect (nol kecelakaan, nol kegagalan, nol kerusakan)
-         membudayakan penghargaan

Prosedur:
1)      Prosedur ini berlaku bagi setiap calon pengguna/pengguna yang (akan) melakukan pengujian/ percobaan dengan menggunakan alat yang ada di lingkungan FT Unib
2)      Calon pengguna/pengguna dapat berupa mahasiswa praktikum, mahasiswa Tugas Akhir, dosen FT Unib atau siapa saja yang telah mendapat izin/ kebenaran dari pengelola lab.
3)      Sebelum pengujian/ pemakaian, calon pengguna/pengguna harus:
a.       Mengetahui aspek bahaya dari alat/ruangan terhadap manusia dan lingkungan;
b.      Mengetahui apa yang dapat merusak dari kegiatan manusia terhadap alat;
c.       Mengetahui kemampuan maksimum/minimum (kapasitas) alat;
d.      Mengetahui tingkat akurasi alat, apa sesuai atau tidak dengan tujuan penggunaan alat;
e.       Mengetahui standar yang menjadi acuan atau dijadikan sebagai pendekatan, baik yang terkait dengan definisi bahan uji, dimensi bahan maupun parameter lingkungan pengujian/ percobaan;
f.        Membuat proposal/ sketsa/ draf rencana pengujian yang memuat informasi apa standar, apa definisi bahan, apa dimensi bahan, apa parameter pengujian, dan dijelaskan dengan gambar;
g.       Proposal rencana pengujian diajukan kepada dosen pembimbing (bagi mahasiswa bimbingan) atau dari dosen peer-review (mitra bestari) terkait dengan keahlian pengujian, untuk mendapat persetujuan;
h.       Proposal rencana pengujian setelah disetujui dosen pembimbing/ dosen mitra ahli diajukan kepada dosen Penyelia/ pengasuh Lab. Setelah dosen Penyelia Lab setuju, ia menuliskan perintah kerja diatas proposal tersebut dengan menyebutkan alat apa yang disetujui untuk digunakan;
i.         Membicarakan rencana kegiatan dan berbagai pertimbangan teknis dengan Teknisi Lab/ Laboran;
j.        Menyediakan sendiri bahan-bahan habis terpakai;
k.      Menyediakan sendiri alat-alat keselamatan kerja, Lab tidak menyediakan/ meminjamkan alat-alat keselamatan kerja;
l.         Menanggung sendiri segala resiko yang terjadi dari kecelakaan di ruang Lab.
4)      Selama pengujian, calon pengguna/pengguna:
a.       Menghormati para Crew Lab;
b.      Tidak mengoperasikan alat apapun tanpa ada kebenaran (authorize) khusus. Satu dokumen kebenaran hanya berlaku untuk satu alat.
c.       Tidak menggunakan alat diluar yang ditentukan dalam perintah kerja dari Penyelia Lab. Satu perintah kerja hanya berlaku untuk satu paket alat pengujian/percobaan.
5)      Setelah pengujian, pengguna:
a.       Menyebut nama alat dan nama Lab dalam kalimat penghargaan pada publikasi/ laporan.
b.      Mengirim salinan publikasi, atau laporan pendek dengan sistematika: judul kegiatan, pendahuluan, bahan dan metoda, hasil pengujian, sekilas kesan dari data, sekilas saran terhadap data dan pengujian.
c.       Memberi saran secara tertulis bagi perbaikan Lab ke depan.


SOP Tugas Akhir (1)


BAB I
PENDAHULUAN
BAB I PENDAHULUAN1
Pelaksanaan penelitian yang kemudian dituangkan dalam bentuk tugas akhir, memerlukan tata cara pelaksanaan maupun penulisan. Hal tersebut merupakan bagian dari standarisasi untuk tujuan kemudahan pengelolaan maupun pembelajaran kembali di masa yang akan datang.

1.1. Pengertian Tugas Akhir (TA)
Tugas Akhir adalah karya ilmiah yang disusun oleh mahasiswa dengan bantuan atau bimbingan seorang atau beberapa dosen pembimbing. Tugas Akhir ditulis berdasarkan hasil penelitian terhadap objek penelitian, yang dimulai dari identifikasi permasalahan sehingga mencapai suatu atau beberapa solusi sesuai dengan bidang ilmu serta tema yang telah ditetapkan.

1.2. Kriteria Tugas Akhir
Tugas akhir diharapkan memenuhi kriteria yang ditentukan oleh Prodi dan/atau dosen pembimbing. Kriteria TA dapat disesuaikan atas dasar kebijakan Prodi dan/atau dosen pembimbing berkaitan dengan hal-hal sebagai berikut:
1. Judul TA dipilih sendiri oleh mahasiswa atau ditentukan oleh dosen pembimbing. Keunikan judul TA berdasarkan tema, metode, serta teknologi yang dipilih. Judul dipilih karena ada permasalahan yang akan dipecahkan. Dikerjakan sendiri dan tidak boleh dikerjakan pihak lain.
2. Metode dan/atau teknologi yang diterapkan atau dikembangkan untuk tujuan penyelesaian masalah dalam TA dengan memperhatikan ketertiban metodologi.
3. TA tanpa menerapkan metode penyelesaian masalah tetapi menerapkan teknologi, maka teknologi tersebut harus yang relatif baru atau terdapat pengembangan terhadap teknologi yang sudah ada.
4. Penyelesaian TA berdasarkan pada pengamatan lapangan (data primer) dan/atau analisis data sekunder. Mengungkapkan adanya kenyataan baru atau kenyataan khusus.
5. Kedalaman materi TA berdasarkan metode dan/atau teknologi yang digunakan atau kompleksitas TA berdasarkan lingkup permasalahan dan solusi yang akan dihasilkan.
6. Di bawah bimbingan secara berkala dan teratur oleh dosen pembimbing
7. Mengikuti tata tulis karya ilmiah. Dilengkapi dengan abstrak.
8. Dipresentasikan dalam forum seminar. Dipertahankan dalam ujian sidang lisan di depan tim dosen penguji.
9. Kriteria lain yang dapat ditetapkan menyusul oleh Prodi dan/atau dosen pembimbing.