1. SOP Pelaksanaan Tugas Akhir oleh Mahasiswa
SOP TA 1 : Pendahuluan
meliputi: pengertian, pengetahuan, prasyarat mahasiswa,
kewajiban mahasiswa, kewajiban pembimbing
SOP TA 2-1: Prosedur TA
SOP TA 2-2: Seminar proposal TA
SOP TA 2-3: Bimbingan TA
SOP TA 2-4: Seminar Hasil TA
SOP TA 3 : Prosedur Sidang Sarjana
SOP TA 4-1: Penyerahan Hasil TA
SOP TA 4-2: Distribusi Hasil TA
dokumen
2. SOP Pembimbingan Tugas Akhir
Mengatur siapa dapat menjadi dosen pembimbing dan batasan kewenangan
dokumen
3. SOP Penulisan Proposal dan Laporan Tugas Akhir
Proposal TA
Format Tampilan, Sistematika Isi, Tata Penulisan
Laporan TA
Format, Sistematika dan Isi Rinci, Tata Penulisan
dokumen
4. SOP Penulisan Proposal dan Laporan Kerja Praktik
Proposal KP
Laporan KP dan Format
dokumen
Catatan:
Model dan bentuk dari proposal / laporan baik untuk TA maupun bukan TA
dapat mengikuti model yang diberikan untuk TA. Tampilannya dapat dilihat
pada berikut ini:
Bukan Isi dan Isi dalam view pdf
5. SOP dan Panduan KP Mahasiswa (Detil lihat Arsip SOP Kerja praktik)
Panduan Kerja Praktik meliputi
Batasan Kerja Praktik, Tujuan, sasaran dan Manfaat,
tempat, Bentuk-bentuk kegiatan, Komisi Kegiatan (Koordinator),
Mahasiswa, Pendaftaran, Pembimbing, Prosedur pelaksanaan,
Tata tertib mahasiswa, Seminar dan Ujian, Penilaian
Dokumen dapat dilihat disini.
6. SOP Penggunaan Lab / Alat Uji di Lingkungan FT Unib
dokumen
7. SOP Penyelenggaraan Ujian Semester
dokumen
8. SOP Penyelenggaran Remedial
dokumen
9. SOP Pelayanan Prima Dosen
10. SOP Penyerahan Nilai Ujian Semester
11. SOP Pelaksanaan Praktikum
12. SOP Pelaksanaan Tugas Besar
Wednesday, August 14, 2013
Thursday, August 1, 2013
SOP Tata Tulis Pelaporan dijelaskan dalam PDF
Tampilan bagian-bagian depan:
1. Sampul
2. Halaman Pengesahan
3. Halaman Persetujuan
dan seterusnya...
Dan bagian belakang: Daftar Pustaka ala Vancouver dan Harvard
semua dapat dilihat pada Format Bukan Isi
Tampilan bagian-bagian isi:
1. Penulisan Bab dan tata letak tulisan
2. Tata letak tabel
3. Tata letak gambar
dapat dilihat pada Format Isi
1. Sampul
2. Halaman Pengesahan
3. Halaman Persetujuan
dan seterusnya...
Dan bagian belakang: Daftar Pustaka ala Vancouver dan Harvard
semua dapat dilihat pada Format Bukan Isi
Tampilan bagian-bagian isi:
1. Penulisan Bab dan tata letak tulisan
2. Tata letak tabel
3. Tata letak gambar
dapat dilihat pada Format Isi
SOP Penggunaan Alat Uji/ Lab di Lingkungan FT Unib
SOP Penggunaan Alat Uji/ Lab di Lingkungan FT Unib
Maksud:
Memandu kegiatan menggunakan alat / lab di lingkungan FT
Unib
Tujuan:
-
mengupayakan zero
waste (nol kesia-siaan) dan
-
mengupayakan zero defect (nol kecelakaan, nol
kegagalan, nol kerusakan)
-
membudayakan penghargaan
Prosedur:
1) Prosedur
ini berlaku bagi setiap calon pengguna/pengguna yang (akan) melakukan
pengujian/ percobaan dengan menggunakan alat yang ada di lingkungan FT Unib
2) Calon
pengguna/pengguna dapat berupa mahasiswa praktikum, mahasiswa Tugas Akhir,
dosen FT Unib atau siapa saja yang telah mendapat izin/ kebenaran dari
pengelola lab.
3) Sebelum
pengujian/ pemakaian, calon pengguna/pengguna harus:
a. Mengetahui
aspek bahaya dari alat/ruangan terhadap manusia dan lingkungan;
b. Mengetahui
apa yang dapat merusak dari kegiatan manusia terhadap alat;
c. Mengetahui
kemampuan maksimum/minimum (kapasitas) alat;
d. Mengetahui
tingkat akurasi alat, apa sesuai atau tidak dengan tujuan penggunaan alat;
e. Mengetahui
standar yang menjadi acuan atau dijadikan sebagai pendekatan, baik yang terkait
dengan definisi bahan uji, dimensi bahan maupun parameter lingkungan pengujian/
percobaan;
f.
Membuat proposal/ sketsa/ draf rencana pengujian yang
memuat informasi apa standar, apa definisi bahan, apa dimensi bahan, apa
parameter pengujian, dan dijelaskan dengan gambar;
g. Proposal
rencana pengujian diajukan kepada dosen pembimbing (bagi mahasiswa bimbingan)
atau dari dosen peer-review (mitra
bestari) terkait dengan keahlian pengujian, untuk mendapat persetujuan;
h. Proposal
rencana pengujian setelah disetujui dosen pembimbing/ dosen mitra ahli diajukan
kepada dosen Penyelia/ pengasuh Lab. Setelah dosen Penyelia Lab setuju, ia
menuliskan perintah kerja diatas proposal tersebut dengan menyebutkan alat apa
yang disetujui untuk digunakan;
i.
Membicarakan rencana kegiatan dan berbagai pertimbangan
teknis dengan Teknisi Lab/ Laboran;
j.
Menyediakan sendiri bahan-bahan habis terpakai;
k. Menyediakan
sendiri alat-alat keselamatan kerja, Lab tidak menyediakan/ meminjamkan
alat-alat keselamatan kerja;
l.
Menanggung sendiri segala resiko yang terjadi dari
kecelakaan di ruang Lab.
4) Selama
pengujian, calon pengguna/pengguna:
a. Menghormati
para Crew Lab;
b. Tidak
mengoperasikan alat apapun tanpa ada kebenaran (authorize) khusus. Satu dokumen
kebenaran hanya berlaku untuk satu alat.
c. Tidak
menggunakan alat diluar yang ditentukan dalam perintah kerja dari Penyelia Lab.
Satu perintah kerja hanya berlaku untuk satu paket alat pengujian/percobaan.
5) Setelah
pengujian, pengguna:
a. Menyebut
nama alat dan nama Lab dalam kalimat penghargaan pada publikasi/ laporan.
b. Mengirim
salinan publikasi, atau laporan pendek dengan sistematika: judul kegiatan,
pendahuluan, bahan dan metoda, hasil pengujian, sekilas kesan dari data,
sekilas saran terhadap data dan pengujian.
c. Memberi
saran secara tertulis bagi perbaikan Lab ke depan.
SOP Tugas Akhir (1)
BAB I
PENDAHULUAN
BAB I PENDAHULUAN1
Pelaksanaan penelitian yang kemudian dituangkan dalam
bentuk tugas akhir, memerlukan tata cara pelaksanaan maupun penulisan. Hal
tersebut merupakan bagian dari standarisasi untuk tujuan kemudahan pengelolaan
maupun pembelajaran kembali di masa yang akan datang.
1.1. Pengertian Tugas Akhir (TA)
Tugas Akhir adalah karya ilmiah yang disusun oleh mahasiswa
dengan bantuan atau bimbingan seorang atau beberapa dosen pembimbing. Tugas
Akhir ditulis berdasarkan hasil penelitian terhadap objek penelitian, yang
dimulai dari identifikasi permasalahan sehingga mencapai suatu atau beberapa
solusi sesuai dengan bidang ilmu serta tema yang telah ditetapkan.
1.2. Kriteria Tugas Akhir
Tugas akhir diharapkan memenuhi kriteria yang ditentukan
oleh Prodi dan/atau dosen pembimbing. Kriteria TA dapat disesuaikan atas dasar
kebijakan Prodi dan/atau dosen pembimbing berkaitan dengan hal-hal sebagai
berikut:
1. Judul TA dipilih sendiri oleh mahasiswa atau ditentukan
oleh dosen pembimbing. Keunikan judul TA berdasarkan tema, metode, serta
teknologi yang dipilih. Judul dipilih karena ada permasalahan yang akan
dipecahkan. Dikerjakan sendiri dan tidak boleh dikerjakan pihak lain.
2. Metode dan/atau teknologi yang diterapkan atau dikembangkan
untuk tujuan penyelesaian masalah dalam TA dengan memperhatikan ketertiban
metodologi.
3. TA tanpa menerapkan metode penyelesaian masalah tetapi
menerapkan teknologi, maka teknologi tersebut harus yang relatif baru atau
terdapat pengembangan terhadap teknologi yang sudah ada.
4. Penyelesaian TA berdasarkan pada pengamatan lapangan
(data primer) dan/atau analisis data sekunder. Mengungkapkan adanya kenyataan
baru atau kenyataan khusus.
5. Kedalaman materi TA berdasarkan metode dan/atau
teknologi yang digunakan atau kompleksitas TA berdasarkan lingkup permasalahan
dan solusi yang akan dihasilkan.
6. Di bawah bimbingan secara
berkala dan teratur oleh dosen pembimbing
7. Mengikuti tata tulis karya
ilmiah. Dilengkapi dengan abstrak.
8. Dipresentasikan dalam forum
seminar. Dipertahankan dalam ujian sidang lisan di depan tim dosen penguji.
9.
Kriteria lain yang dapat ditetapkan menyusul oleh Prodi dan/atau dosen pembimbing.
Subscribe to:
Posts (Atom)