Monday, July 29, 2013

SOP Format Tata Pelaporan/ Penulisan (1-1)


BAB I PENULISAN PROPOSAL KERJA PRAKTIK

1.1. FORMAT ISI PROPOSAL KERJA PRAKTIK
Proposal kerja praktek adalah suatu bentuk dokumen pengajuan kepada perusahaan dimana kerja praktek akan dilakukan, memuat informasi yang lengkap didalamnya tentang usulan topik kajian kerja praktek.
Proposal kerja praktek yang akan diusulkan kepada perusahaan dalam penulisannya mengikuti sistematika sebagaimana berikut:

HALAMAN SAMPUL DEPAN (COVER)
Contoh Cover dapat dilihat pada Lampiran 1

LEMBAR PERSETUJUAN PROPOSAL
a. Lembar persetujuan proposal ditandatangani oleh Dosen Pembimbing dan diketahui oleh Koordinator KP/ KKP.
b. Lembar persetujuan ini dibuat untuk menunjukkan bahwa proposal kerja praktek siap untuk dikirimkan ke perusahaan. Contoh Lembar Persetujuan Proposal dapat dilihat pada Lampiran 2.

DAFTAR ISI
DAFTAR GAMBAR
DAFTAR TABEL

BAB I PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang
Latar belakang berisikan secara lengkap pokok permasalahan yang akan dihadapi dan yang akan dicarikan metode pemecahannya.
1.2. Perumusan Masalah
Perumusan masalah disusun berdasarkan latar belakang masalah yang telah diuraikan. Perumusan masalah merupakan pertanyaan yang ingin dicarikan jawabannya melalui kegiatan penelitian.
1.3. Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian berisi apa dan bagaimana untuk menjawab permasalahan dalam perumusan masalah atau dengan kata lain merupakan sasaran yang hendak dicapai dalam penelitian.
1.4. Manfaat Penelitian
Manfaat penelitian berisi tentang manfaat / faedah penelitian baik itu untuk diri sendiri, orang lain maupun untuk perusahaan atau obyek dimana penelitian berlangsung.
1.5. Batasan Masalah
Batasan digunakan untuk membatasi ruang lingkup sehingga permasalahan yang dihadapi tidak melebar dan mengarah pada obyek yang diteliti sehingga dalam pemecahannya bisa terfokus.
1.6. Asumsi-asumsi
Asumsi adalah hal-hal yang mendasari penerapan suatu metode pemecahan masalah. Asumsi diberikan dalam penelitian untuk menghindari terjadinya kesimpangsiuran persepsi dalam memandang atau menelaah suatu metode pemecahan masalah antara pihak perusahaan atau obyek penelitian dan pihak pembaca dengan pihak peneliti.

BAB II TINJAUAN PUSTAKA
Tinjauan pustaka berisi tentang konsep-konsep dan teori-teori yang mendukung penelitian serta mendasari metode-metode yang dipakai dalam pemecahan permasalahan.
Semua sumber yang dipakai sebagai acuan harus disebutkan (kutipan). Tinjauan pustaka dapat berupa uraian kualitatif, model matematis, atau persamaan-persamaan yang langsung berkaitan dengan permasalahan yang diteliti. Juga dibuat hipotesis yang memuat pernyataan singkat yang disimpulkan dari tinjauan pustaka atau tinjauan pustaka yang merupakan jawaban sementara terhadap permasalahan yang dihadapi, dan masih harus dibuktikan.

BAB III METODE PENELITIAN
Bab ini menjelaskan langkah-langkah penelitian mulai dari identifikasi masalah sampai dengan kesimpulan atau usulan/rekomendasi terhadap pemilik/pengelola objek penelitian.
Dalam metode penelitian juga harus terdapat formulasi, pengembangan model, kerangka berpikir serta instrumen penelitian sehingga dapat ditemukan solusi koherensi pembahasan untuk mendapatkan kesimpulan penelitian.
Dari metode penelitian diharapkan adanya ketepatan metodologi yang dipilih, kelebihan dan kelemahan model yang diaplikasikan, serta validasi dan kehandalannya.

BAB IV RENCANA JADWAL PELAKSANAAN
Pada bab ini berisi tentang usulan jadwal pelaksanaan kegiatan kerja praktek mulai dari identifikasi masalah sampai kepada perumusan solusi yang akan direkomendasikan kepada perusahaan

DAFTAR PUSTAKA
Berisi tentang buku-buku, literatur dan penelitian lain yang dijadikan rekomendasi dalam penelitian.

BIODATA MAHASISWA
Biodata mahasiswa berisi tentang data identitas diri mahasiswa dan riwayat pendidikan.

Catatan :
Proposal kerja praktek dibuat dalam A4, margin 4,3,3,3 cm, Font Time New Roman 12 Pt, Spasi 1,5.

No comments:

Post a Comment