Monday, July 29, 2013

SOP Pelaksanaan Tugas Besar


SOP Pelaksanaan Tugas Besar

a. Tugas Besar adalah kegiatan belajar dengan kompetensi keterampilan analisis kognitif berstruktur dengan orientasi proyek yang dilakukan di luar lingkungan Laboratorium / Bengkel / Studio dengan tidak melibatkan bahan habis pakai. Dibebankan atas individu mahasiswa (bukan kelompok) sebagai bekal dasar keahlian berprofesi konsultan. Tema/ isi proyek ditentukan berbeda per individu mahasiswa.

b. Pemilihan Mata Kuliah ber-Tugas Besar ditentukan oleh Prodi dapat dengan meminta pertimbangan dari Lembaga Asosiasi Profesi atau Lembaga Konsultan yang terkait erat dengan bidang keahlian Prodi.

c. Tugas Besar dilaksanakan tiap semester oleh Mata Kuliah bukan ber-Praktikum yang menjadi kompetensi inti pada masing-masing  Program Studi. Ketuntasan pelaksanaan Tugas Besar menjadi syarat bagi dikeluarkan Nilai Akhir, pelaksanaan Kerja Praktik (KP) dan pelaksanaan Tugas Akhir (TA). Kelalaian pelaksanaan Tugas Besar menyebabkan mahasiswa wajib mengulang MK meski mendapat nilai UAS sempurna.

d. Pelaksanaan yang dimaksud pada butir (c) meliputi kegiatan pemilihan tema/ isi proyek, penyiapan kartu responsi, pembimbingan/ responsi.

e. Tema/ isi Tugas Besar dipilih oleh dosen koordinator dan anggota kelompok dosen mata kuliah (MK) bersama-sama dengan anggota dosen Program Studi dalam rapat Prodi.

f.  Pembimbingan / Responsi dilakukan oleh dosen koordinator dan anggota kelompok dosen MK dan dapat melibatkan kelompok dosen MK/ Sub kompetensi lain dan dengan/atau tanpa dibantu mahasiswa yang pernah mengambil MK dengan prestasi sangat memuaskan.

g. Mahasiswa yang terdaftar mengambil MK ber Tugas Besar dengan sendirinya terdaftar sebagai mahasiswa pelaksana Tugas Besar.

h. Kegiatan Tugas Besar dapat didanai oleh Fakultas berupa bantuan konsumsi untuk pembimbing responsi, bukan untuk bahan habis pakai.

i. Rasio pembimbing responsi dan mahasiswa bimbingan tugas besar adalah maksimal 1:10 bagi pembimbing dosen atau 1:5 bagi asisten pembimbing dari mahasiswa dengan prestasi mata kuliah terkait memuaskan.

No comments:

Post a Comment