Monday, July 29, 2013

SOP Format Tata Penulisan/ Pelaporan (3-2)

BAB III PENULISAN LAPORAN TUGAS AKHIR (lanjutan)


3.2. Sistematika Penulisan Laporan Tugas Akhir
Sistematika penulisan atau penyusunan laporan disesuaikan dengan tema tugas akhir serta pendekatan dan metode yang digunakan. Dengan demikian susunan setiap tugas akhir dapat berbeda tergantung pada tema tugas akhir, metodologi penelitian dan metode penyelesaian masalah yang digunakan, serta kedalaman materi yang ditetapkan. Meskipun demikian secara garis besar susunan laporan tugas akhir tetap akan terlihat mempunyai keseragaman. Prodi dan dosen pembimbing akan memberikan informasi mengenai sistematika penulisan yang sesuai dengan tema dan judul tugas akhir dan metode yang digunakan, atau mungkin ada penyesuaian lainnya. Selain itu pula Prodi dan dosen pembimbing akan memberikan informasi mengenai cara penerapan atau penulisan setiap bagian dalam sistematika penulisan. Isi laporan tugas akhir secara garis besar terbagi atas lima bagian utama, mulai bab I sampai bab V. Bagian awal dan akhir merupakan informasi pendukung mengenai pelaksanaan dan penyusunan laporan tugas akhir, serta materi pendukung relevan lainnya.

Adapun pengaturan sistematika laporan untuk setiap bagian laporan berkaitan dengan tema tugas akhir, adalah sebagai berikut:

1. Bagian Awal Laporan, sistematika penulisan bagian awal laporan tugas akhir dapat dilihat pada Tabel 3.2.
2. Bab I Pendahuluan, format penyusunan untuk semua tema diberlakukan seperti yang terlihat pada Tabel 3.3.
3. Bab II Landasan Teori, diberlakukan format penyusunan seperti pada Tabel 3.4 untuk semua tema.
4. Bab III Analisis dan Desain (atau Metodologi Penelitian), untuk bagian ini dibutuhkan banyak penyesuaian berdasarkan tema tugas akhir, metode yang digunakan, atau penyesuaian lainnya. Pemetaan antara tema dan metode ke setiap tabel format penyusunan, dapat dilihat pada Tabel 3.5.
5. Bab IV Implementasi (atau Hasil dan Pembahasan), bagian ini disesuaikan dengan tema tugas akhir dan metode yang digunakan, serta dimungkinkan untuk penyeseuaian lainnya.
Pemetaan antara tema, metode, serta format penyusunan untuk bab ini, dapat dilihat pada Tabel 3.6.
6. Bab V Penutup, untuk semua tema tugas akhir diberlakukan format penyusunan seperti pada Tabel 3.7.
7. Bagian Akhir Laporan, format penyusunan yang diberlakukan untuk semua tema, dapat dilihat pada Tabel 3.8.

No comments:

Post a Comment