Monday, July 29, 2013

SOP Format Tata Pelaporan/ Penulisan (1-2)


BAB I PENULISAN PROPOSAL KERJA PRAKTIK (lanjutan)


1.2. LAPORAN KERJA PRAKTEK
Dalam penulisan laporan kerja praktek terdiri atas 3 (tiga) bagian, yaitu bagian pendahuluan, bagian isi dan bagian penutup. Pada akhir laporan diwajibkan menyertakan lampiran berkas Kerja Praktek.

Bagian Pendahuluan
Bagian pendahuluan mencakup halaman sampul depan, halaman judul, abstrak, halaman penegasan, halaman pengesahan, prakata, daftar isi, daftar gambar, dan daftar tabel.

1. Halaman Sampul Depan
Halaman sampul depan memuat jenis laporan (kerja praktek), judul kerja praktek, lambang Universitas Bengkulu, nama mahasiswa, No. Reg., instansi dan tahun penyelesaian kerja praktek.
a. Jenis laporan menunjukkan macam laporan yang dibuat yaitu kerja praktek.
b. Judul kerja praktek dibuat sesingkat-singkatnya, tetapi jelas dan menunjukkan dengan tepat masalah yang diteliti, dan tidak membuka peluang penafsiran yang beranekaragam.
c. Lambang Universitas Bengkulu dengan ukuran yang sesuai agar diperoleh layout halaman sampul yang serasi.
d. Nama mahasiswa yang mengajukan kerja praktek ditulis lengkap (tidak boleh memakai singkatan) dan NRP yang dicantumkan dibawah nama.
e. Instansi yang dituju adalah Nama Prodi, Fakultas Teknik, Universitas Bengkulu.
f. Tahun penyelesaian kerja praktek adalah tahun selesai kerja praktek dan ditempatkan dibawah Universitas Bengkulu.
Contoh halaman sampul depan dapat dilihat pada lampiran 3.

2. Halaman Judul
Halaman judul berisi tulisan yang sama dengan halaman sampul depan, tetapi ditulis diatas kertas putih.

3. Halaman Lembar Persetujuan Kerja praktek
Halaman ini memuat persetujuan dari pembimbing lapangan, dosen pembimbing dan diketahui oleh Koordinator KP. Contoh halaman lembar persetujuan dilihat pada lampiran 4.

4. Halaman Pengesahan
Halaman ini memuat berita acara ujian kerja praktek dan persetujuan dosen pembimbing bahwa kerja praktek, telah diujikan dan direvisi/ diperbaiki (jika ada revisi/perbaikan). Halaman pengesahan tersebut diketahui oleh Pembimbing KP dan Ketua Prodi. Contoh halaman pengesahan dapat dilihat pada Lampiran 5.

6. Prakata
Prakata berisi ucapan syukur, tujuan pembuatan kerja praktek, ucapan terima kasih serta do’a.

. Daftar Isi
Daftar isi bertujuan untuk memberikan gambaran secara menyeluruh tentang isi kerja praktek dan sebagai petunjuk bagi pembaca yang ingin langsung melihat suatu bab atau anak sub-judul. Di dalam daftar isi tertera urutan judul, bab dan sub-judul, disertai dengan nomor halamannya. Contoh daftar isi dapat dilihat Lampiran 6.

8. Daftar Gambar
Daftar gambar memuat urutan nomor gambar, judul gambar dan halaman gambar ditulis sesuai dengan aslinya.

9. Daftar Tabel
Daftar tabel memuat nomor tabel, judul tabel dan halaman tabel sesuai dengan aslinya.

Bagian Isi
Bagian utama terdiri dari bab pendahuluan beserta sub-babnya, bab tinjauan pustaka beserta sub-babnya, analisa data, dan penutup.

1. Bab Pendahuluan
1.1. Latar Belakang
Latar belakang berisikan secara lengkap pokok permasalahan yang akan dihadapi dan yang akan dicarikan metode pemecahannya.

1.2. Perumusan Masalah
Perumusan masalah disusun berdasarkan latar belakang masalah yang telah diuraikan. Perumusan masalah merupakan pertanyaan yang ingin dicarikan jawabannya melalui kegiatan penelitian.

1.3. Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian dinyatakan dalam kalimat kerja yang berisi, apa dan bagaimana untuk menjawab permasalahan dalam perumusan masalah atau dengan kata lain merupakan sasaran yang hendak dicapai dalam penelitian.

1.4. Manfaat Penelitian
Manfaat penelitian berisi tentang manfaat / faedah penelitian baik itu untuk diri sendiri, orang lain maupun untuk perusahaan atau obyek dimana penelitian berlangsung.

1.5. Batasan Masalah
Batasan digunakan untuk membatasi ruang lingkup sehmgga permasalahan yang dihadapi tidak melebar dan mengarah pada obyek yang diteliti sehingga dalam pemecahannya bisa terfokus.

1.6. Asumsi-asumsi
Asumsi adalah hal-hal yang mendasari penerapan suatu metode pemecahan masalah. Asumsi diberikan dalarn penelitian untuk menghindari terjadinya kesimpangsiuran persepsi dalam memandang atau menelaah suatu metode pemecahan masalah antara pihak perusahaan atau obyek penelitian dan pihak pernbaca dengan pihak peneliti.

1.7. Sistematika Penelitian
Bilamana dianggap perlu, sistematikan penelitian dipaparkan secara keseluruhan serta Intisari seluruh bab yang akan disajikan dalam laporan kerja praktek.

2. Bab Gambaran Umum Perusahaan
Sejarah Singkat Perusahaan

Menceritakan sejarah berdirinya perusahaan, perkembangannya dan kondisi umum perusahaan sampai saat ini.
Struktur Organisasi

Menggambarkan struktur organisasi beserta penjelasan setiap fungsional yang ada baik tugas maupun wewenangnya.

Aspek (Bidang Teknologi/Rekayasa) Keprodian dalam Perusahaan
Menerangkan secara jelas bidang keahlian teknik yang diterapkan di perusahaan tersebut selama ini. Peralatan yang digunakan, spesifikasinya, serta dilengkapi dengan peta proses kegiatan teknologi dan peta aliran proses.

3. Bab Tinjauan Pustaka
Tinjauan pustaka berisi tentang konsep-konsep dan teori-teori yang mendukung penelitian serta mendasari metode-metode yang dipakai dalam pemecahan permasalahan.
Dalam tinjauan pustaka dimuat uraian sistematis tentang hasil-hasil penelitian yang didapat oleh peneliti terdahulu dan yang ada hubungannya dengan penelitian yang akan dilakukan. Fakta-fakta yang dikemukakan adalah sejauh mungkin diambil dari sumber aslinya. Semua sumber yang dipakai sebagai acuan harus disebutkan (kutipan). Tinjauan pustaka dijabarkan dan disusun sendiri oleh mahasiswa sebagai tuntutan untuk memecahkan masalah penelitian dan untuk merumuskan hipotesis. Tinjauan pustaka dapat berupa uraian kualitatif model matematis, atau persamaan-persamaan yang langsung berkaitan dengan permasalahan yang diteliti.
Juga dibuat hipotesis yang memuat pernyataan singkat yang disimpulkan dari tinjauan pustaka atau tinjauan pustaka yang merupakan jawaban sementara terhadap permasalahan yang dihadapi, dan masih harus dibuktikan. Konsep dan teori pada tinjauan pustaka disusun secara deduktif.

4. Bab Metode Penelitian
Bab ini menjelaskan langkah-langkah penelitian mulai dari identifikasi masalah sampai dengan kesimpulan atau usulan/rekomendasi terhadap pemilik/pengelola objek penelitian.
Dalam metode penelitian juga harus terdapat formulasi, pengembangan model, kerangka berpikir serta instrumen penelitian sehingga dapat ditemukan solusi koherensi pembahasan untuk mendapatkan kesimpulan penelitian.
Dari metode penelitian diharapkan adanya ketepatan metodologi yang dipilih, kelebihan dan kelemahan model yang diaplikasikan, serta validasi dan kehandalannya.

5. Bab Pengumpulan dan Pengolahan Data
Bab ini berisi tentang data-data yang dibutuhkan untuk memecahkan masalah. Data-data bisa merupakan data kulatitatif maupun data kuantitatif yang diambil dari perusahaan, literatur-literatur maupun dari sumber lain.
Disamping itu pada bab ini dijelaskan pula cara mengolah data-data tersebut, baik itu berupa metode-metode, rumus-rumus, simulasi, dan lainnya.

6. Bab Analisis dan lnterpretasi
Bab ini memaparkan hasil analisis beserta proses sensitivitas dari instrumen yang dipilih, model yang dipergunakan dan dikembangkan setelah parameter maupun data penelitian sudah didapatkan. Bab ini juga dapat mencakup analisis implikasi teoritis atau praktis terhadap objek penelitian yang diperoleh dari output penelitian.
Hal-hal lain yang perlu diperhatikan pada bab ini adalah :
a. Bahan atau materi dapat berwujud populasi atau sampel yang harus dinyatakan spesifikasinya selengkap-lengkapnya. Untuk penelitian di laboratorium harus disebutkan asal, cara pengolahan/ penggunaan teknologi, dan susunan hardware dan software yang dipakai (jika ada). Hardware mencakup mesin dan alat sedangkan software mencakup sistem dan organisasi.
b. Jalan penelitian berupa uraian yang lengkap dan terinci tentang langkah-langkah yang telah diambil pada pelaksanaan penelitian, termasuk cara mengumpulkan data dan jenisnya.
c. Variabel data yang dikumpulkan diuraikan dengan jelas, termasuk jenis dan kisarannya.
d. Kesulitan-kesulitan yang timbul selama penelitian dan cara pemecahannya perlu ditampilkan, agar para peneliti yang akan berkecimpung dalam bidang penelitian sejenis dapat terhindar dari hal-hal yang tidak menyenangkan.
Hasil penelitian sedapat-dapatnya disajikan dalam bentuk daftar/tabel, grafik, foto, atau bentuk lain, dan dapat ditempatkan sedekat-dekatnya dengan pembahasan, agar pembaca lebih mudah mengikuti uraian. Pada alenia pertama bab ini, sebaiknya dikemukakan bahwa hasil penelitian dapat dijumpai pada daftar dan gambar yang nomorya disebutkan.
f. Pembahasan tentang hasil yang diperoleh, berupa penjelasan teoritik, baik secara kualitatif, kuantitatif atau secara statistik. Kecuali itu, sebaiknya hasil penelitian juga dibandingkan dengan penelitian terdahulu yang sejenis.

7. Bab Penutup
Bab penutup berisi tentang simpulan dan saran
a. Simpulan merupakan pernyataan singkat dan tepat yang dijabarkan dari hasil penelitian dan pembahasan untuk membuktikan hipotesis.
b. Saran dibuat berdasarkan pengalaman dan pertimbangan penulis, ditujukan kepada para peneliti atau para praktisi dalam bidang sejenis, yang ingin melanjutkan, mengembangkan atau menerapkan penelitian yang sudah diselesaikan. Saran tidak merupakan suatu keharusan.

Bagian Penutup
Bagian akhir terdiri dari daftar pustaka dan lampiran.

1. Daftar Pustaka
Daftar pustaka hanya memuat pustaka yang diacu dalam kerja praktek dan disusun ke bawah menurut abjad nama akhir penulis pertama. Tata cara penulisan secara terinci dapat dilihat pada pokok pembahasan tata cara penulisan.
Contoh daftar pustaka lihat lampiran 7.

2. Lampiran
Lampiran dipakai untuk menempatkan data atau keterangan lain yang berfungsi untuk melengkapi uraian yang telah disajikan dalam bagian isi kerja praktek. Selain itu juga dilengkapi dengan:
 Form Kesediaan menerima KP,
 Kartu Kendali Bimbingan,
   Form Berita Acara Ujian KP

No comments:

Post a Comment